Ketika kapal tangki setengah penuh, rolling dan pitching kapal, membuat
cairan di dalam tangki bergerak ke arah gerakan kapal. Efek ini dikenal
sebagai efek permukaan bebas ( FREE SURFACE EFFECT ). Untuk alasan ini,
tangki sebaiknya penuh atau dibagi dengan bulkheads longitudinal yang
mengurangi pengaruh permukaan bebas dan membantu dalam mencegah
tenggelamnya kapal.
Permukaan bebas juga dapat terjadi di
geladak karena akumulasi air di dek dan pengaturan untuk menghilangkan
air ini dibuatlah lubang pembuanganl.
Hal ini dapat membahayakan stabilitas kapal untuk sebagian besar.
Sebagai tambahan, FSE tidak tergantung jumlah cairan dalam tangki, tetapi tergantung pada lebar tangki. makin banyak sekat membujur (longitudinal bulkhead) pada sebuah tanki, makin memperkecil FSE yg ditimbulkan oleh cairan pada tangki tersebut
ReplyDeletemohon ijin tanya apakan fse padatangki bahan bakar juga berpengaruh pada stabilitas kapal
ReplyDeleteapakah kalau di tanki tidak di isi sama sekali .. bisa berakibat fatal atau lebih baik di isi
ReplyDelete